Sabtu, 12 November 2011

Sales Untuk Semua

    
     Selama ini kata- kata Sales, sangat erat hubungannya dengan "Jualan" atau "Tukang jualan" yang sering mempunyai konotasi arti yang sangat negatif kepada para sales. Apakah salah ? Tidak, karena memang itulah yang terbangun di pikiran masayarakat selama ini, bahwa kalau urusan jual- menjual, ya para sales lah ahlinya. Sebegitu sempitkah pengertian tentang Sales atau Penjualan ? Benar atau tidak, mari kita bahas lebih jauh berbagai aspek  tentang sales ini
     Secara definisi, sales adalah sebuah kegiatan penjualan. Yang dijual dapat bermacam- macam, dapat berupa barang, dapat juga berupa jasa. Kegiatan sales biasanya diawali dengan pengenalan produk, barang atau jasa kepada calon konsumen yang diperkirakan akan memerlukan produk tersebut. Selanjutnya, agar produk tersebut dapat digunakan oleh konsumen, maka perlu dilakukan kegiatan penjelasan lebih rinci tentang produk tersebut  kepada calon konsumen. Pada tahap ini, biasanya dinamakan kegiatan promosi
     Apabila calon konsumen sudah cukup mengerti tentang fungsi, tujuan dan manfaat produk tersebut, maka produsen produk tersebut selanjutnya akan melakukan penawaran harga. Pada tahap ini, tentu saja, produsen tidak begitu saja menawarkan sebuah harga yang nantinya akan menjadi beban biaya yang akan ditanggung oleh konsumen, tetapi dengan memberikan janji bahwa harga tersebut tidak mahal, tetapi telah sesuai dengan kualitas dan manfaat yang akan diperoleh konsumen.
     Untuk memantapkan penawaran tersebut, produsen juga menjanjikan berbagai layanan tambahan, misalnya, bahwa prosedur untuk mendapatkan produknya nanti akan sangat mudah, diantar sampai di rumah dan sebagainya. Apabila dilakukan pembelian dengan jumlah  tertentu, maka  konsumen akan mendapat potongan harga yang menarik. Layanan tambahan lainnya yang biasa diberikan adalah pembayaran yang tidak memberatkan, misalnya dengan sistem cicilan. Apabila calon konsumen tertarik dan memutuskan untuk membeli produk tersebut, maka kegiatan selanjutnya adalah menyampaikan produk tersebut kepada konsumen dengan kondisi yang baik, tepat waktu dengan kondisi dan kualitas produk sesuai yang dijanjikan
    Itulah sebenarnya seluruh rangkaian kegiatan sebuah Sales. Cukup panjang dan sering diperlukan kesabaran, keuletan dan ketekunan, agar calon konsumen percaya dan yakin bahwa produk itu baik dan sesuai yang sedang dibutuhkannya
     Nah bagaimana kaitannya dengan kisah yang disampaikan di awal tulisan ini, bahwa seorang sales, itu seolah tahunya hanya menjual, kadang sering terkesan sedikit memaksa bahkan kadang mengancam kepada calon konsumen ? Dari sinilah semua permasalahannya terkuak, bahwa  proses penjualan, sebenarnya bukan hanyalah menjual. Menjual memang merupakan salah satu bagian dari proses penjualan, tetapi menjual  adalah sebuah proses panjang yang  dimulai dari adanya sebuah produk yang bagus, kemudian diperkenalkan kepada calon konsumen, selanjutnya apabila calon konsumen telah faham tujuan dan manfaat produk tersebut, maka berapa harga untuk bisa mendapatkan produk tersebut, bukan lagi menjadi masalah
     Apabila prinsip- prinsip sales seperti yang diuraikan di atas, dapat diterapkan dengan baik, maka citra bahwa seorang sales  hanya tahu menjual, setelah itu pergi menghilang alias "Hit and run", tidak akan terjadi lagi. Sales adalah kegiatan menawarkan produk yang bagus dengan harga yang sesuai. Itulah sales !  
     Dalam kegiatan kita sehari- hari, sebenarnya kita tidak pernah lepas dari kegiatan sales. Kadang kita harus menjual ide, menjual gagasan, menjual informasi, menjual barang atau jasa kita atau rekan kita kepada pihak lain, maka tak pelak lagi kita harus melakukan sales. Oleh karena itu, jangan pernah melupakan prinsip- prinsip sales yang baik seperti diuraikan di atas, dijamin, Anda akan sukses menjual 

Sales untuk semua ! Selamat menjual dan berjualan !

    Rabu, 02 November 2011

    Kekuatan Komunitas



         Sekarang ini memang jamannya komunitas. Ada komunitas alumni sekolah, mulai  SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi. Ada juga komunitas hobi, mulai dari hobi sepeda jadoel, hobi motor gede, hobi mobil tua, hobi. memasak, hobi mengoleksi perangko, dll. Ada komunitas profesi, seperti Manajemen, Marketing, Sekretaris, Pengacara, Akademisi, Eksekutif, Penulis dan lain- lain. Ada juga komunitas jejaring sosial, seperti Facebook (FB), BlackBerry Mesanger (BBM), Twitter dan yang lain. Pada dasarnya karena adanya kesamaan ketertarikan terhadap bidang- bidang tertentu sehingga orang- orang tersebut memutuskan untuk berkumpul, berdiskusi dan saling bertukar pikiran atau pengalaman di dalam satu wadah, itulah komunitas
         Area ketertarikan terhadap bidang atau hal yang sama ini sangat luas, oleh karena itu jenis dan bidang komunitas itu juga sangat banyak, nyaris tidak terbatas dan mungkin akan sangat sulit menghitung jumlah komunitas yang ada di seluruh dunia saat ini
         Komunitas tampak seperti sesuatu yang biasa saja, tidak ada apa- apanya selain sebagai wadah berkumpul dan kongkow- kongkow ngobrol santai. Tetapi apakah benar demikian ? Jawabnya, mungkin kita masih ingat peristiwa beberapa saat yang lalu, saat betapa hanya melalui penggalangan via jejaring sosial seperti Facebook,  gerakan "Koin untuk Prita", atau "Bebaskan Chandra Hamzah", terbukti  mampu menyedot perhatian dan dukungan massa yang cukup besar saat itu. Lalu apa sih sebenarnya kelebihan dan kehebatan komunitas, sehingga begitu besar pengaruhnya seperti contoh dua peristiwa di atas ? 
         Komunitas sebenarnya dari dulu juga sudah ada, hanya mengapa sekarang ini keberadaan komunitas menjadi berbeda ?  Itu tidak lain karena perkembangan teknologi informasi saat ini yang maju begitu pesat dengan kemampuan yang sangat luar biasa yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Disamping itu, perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini sudah mampu bergerak dengan sangat leluasa berkat teknologi seluler yang punya andil tidak kecil. Pesawat telepon juga ber-evolusi sangat drastis, dari pesawat telepon tetap yang terikat dengan jaringan kabel yang kaku di rumah- rumah, kini dengan telepon genggam, seseorang dapat bergerak dan berkomunikasi bergerak  dimanapun dia  berada.  Metoda komunikasinyapun saat ini sudah mampu interaktif dua arah antar pengguna berkat teknologi web2.0. Didukung dengan semakin mudahnya mendapatkan akses ke jaringan internet, maka komunikasi nyaris tidak ada halangan lagi ke seluruh titik di seluruh dunia 
         Dengan dukungan dan ketersediaan teknologi secanggih ini, maka tak pelak lagi interaksi komunikasi antar orang dari satu tempat ke tempat lainnya juga meningkat sangar pesat, bahkan denga intensitas yang tidak terbayangkan sebelumnya. Hampir 24 jam sehari dan 7 hari seminggu telepon genggam kita selalu dalam kondisi siap dan  always ON. Kita akan sangat resah, khawatir dan seperti kehilangan akal jika secara tidak sengaja, alat komunikasi kita tersebut tertinggal di rumah atau kehabisan baterei
         Inilah perbedaan mencolok antara komunitas jaman dulu dengan komunitas jaman sekarang. Komunitas saat ini menjadi begitu aktif, dinamis dan mempunyai pengaruh yang kuat. Setiap anggota komunitas dapat melakukan komunikasi   dengan cepat dimanapun dan kapanpun dia berada, nyaris  tanpa hambatan. Inilah  kelebihan dan kekuatan komunitas masa kini
         Betapa tidak terbayangkan sebelumnya, bahwa melalui komunitas alumni sekolah, kita bisa bertemu kembali dengan teman masa- masa  sekolah dulu, yang mungkin telah sekian tahun tidak pernah bertemu . Bayangkan, seandainya kita menjadi anggota komunitas profesi. Kita akan menerima informasi yang terbaru kapanpun dari komunitas kita. Tentu  hal ini tidak mungkin kita dapatkan dengan mudah pada kondisi sebelumnya.  Tampaknya, para politisipun tidak mau ketinggalan dengan keberadaan komunitas ini.  Salah satu yang sangat terkenal adalah, bagaimana presiden AS Barrack Obama memanfaatkan dengan cerdik dan efektif komunitas masyarakat pendukungnya dan terbukti mampu mendongkrak perolehan suaranya pada pemilihan presiden saat itu
         Kekuatan komunitas sangat jelas dan tak perlu diragukan lagi efektifitasnya. Oleh karena itu manfaatkanlah keberadaan komunitas masa kini dengan  segala kecanggihannya, agar kita selalu terhubung dan mendapat  info yang paling mutakhir dari keluarga, teman, sahabat dan mitra kerja di komunitas kita 
         Tips agar sukses berkomunitas:
    "JAGA DAN HORMATI TUJUAN KOMUNITAS, MAKA DIJAMIN KITA AKAN NYAMAN, NIKMAT DAN BETAH BERSAMA KOMUNITAS KITA"

    Salam berkomunitas