Selama ini kita menganggap bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan manajemen akan terbayang sesuatu yang canggih, banyak teori- teori canggih, sistem dan bisnis proses yang rumit, struktur organisasi,
sumber daya manusia (SDM) dan hal- hal lain yang berkaitan dengan pengelolaan yang rumit, tidak sederhana dan kadang terkesan bertele- tele
Mulai saat ini mari bersama- sama, dasar berpikir seperti ini kita ubah secara perlahan, bahwa manajemen adalah mudah, sederhana dan hanya membutuhkan waktu satu menit saja. Sepertinya ini sesuatu yang tidak mungkin, tapi mari kita buktikan dengan penjelasan seperti berikut ini
Coba kita perhatikan lima kata sakti ini : “PRICE”. Apa hubungan lima kata tersebut dengan manajemen satu menit. Sebenarnya lima kata tersebut merupakan rangkaian dari kata Pin point, Record, Involved, Coach, dan Evaluation
o Pin point ≈ Tetapkan tujuan dan sasaran sebelum memulai pekerjaan
o Record ≈ Catat data dan informasi terkait dengan baik
o Involved ≈ Pimpinan tim harus terlibat atau terjun langsung
o Coach ≈ Membimbing, bukan mengajari
o Eveluation ≈ Evaluasi secara teratur
Pin Point, memastikan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Ini seperti hal yang mudah, tapi justru pada tahap inilah kita sering kurang hati- hati. Kondisi umum yang sering terjadi, kita lebih senang langsung ke pelaksanaan pekerjaan dari pada harus berpikir untuk memperjelas apa tujuan dan sasaran sesungguhnya tugas kita tersebut. Hal ini mulai menjadi masalah apabila dirasakan berbagai kesulitan dalam pengendalian pekerjaan, misalnya : kewalahan didalam mengatur waktu dan SDM. Lingkup pekerjaan terasa semakin melebar dan kurang fokus. Biaya operasional terus membengkak tak terkendali. Dan yang paling tidak enak adalah tim tidak mampu menyelesaikan tugasnya tepat waktu
Berkaca dari gambaran di atas, maka dengan menerapkan PRICE, kondisi yang sangat tidak efisien dan efektif tersebut akan dapat dihindarkan. Dengan kesediaan untuk sedikit bersusah payah memastikan (Pin Point) tujuan dan sasaran yang ingin dicapai di awal sebelum memulai pekerjaan, kemudian diikuti dengan pencatatan (Record) data dan informasi yg ada dengan baik, ditambah keterlibatan (Involved) pimpinan tim secara langsung dan tidak hanya memberi komando dari belakang meja, maka bisa dipastikan semua dapat berjalan sesuai rencana. Dengan menggunakan gaya kepemimpinan yang lebih membimbing (Coach) dari pada mengajari, maka suasana kerja dan kerjasama tim akan jauh lebih baik dan bersemangat. Bagian terakhir dari seluruh pekerjaan adalah melakukan evaluasi (Evaluation) pelaksanaan pekerjaan secara teratur, maka apabila ditemukan penyimpangan sekecil apapun terhadap rencana yang telah ditetapkan, tim segera dapat memperbaikinya
Sekarang, masihkah kita percaya bahwa manajemen itu sulit, rumit dan bertele- tele ? Seharusnya tidak lagi. MANAJEMEN adalah mudah, tidak rumit, dan cepat, hanya SATU MENIT saja ! Salam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar