Senin, 28 Maret 2011

Marketing 3.0. Values – Driven Marketing



Philip Kotler - Hermawan Kartajaya. 2007


Selamat Datang di Marketing 3.0
Dunia telah berubah dengan cepat dalam bebebrapa dekade belakangan ini disebabkan oleh evolusi teknologi, begitu juga yang terjadi dengan marketing. Pada masa yang lalu pada jaman industrialisasi, pada saat teknologi masih berupa mesin- mesin industri, marketing tidak jauh dari menjual produk- produk industri kepada target market tanpa mempertimbangkan sama sekali  keinginan dan kebutuhan. Jargon yang popular saat itu adalah, “The customer is king”. Para marketer pada era ini, hanya menjual apa yang dihasilkan oleh pabrik. Ini yang dikenal dengan Marketing 1.0 atau The Product Centric Era. Ucapan yang sangat terkenal Henry Ford, pemiliki pabrik mobil Ford Amerika: “Any customer can have a car painted any color that he wants so long as it is black”. Begitu kuatnya industri sehingga pelanggan tidak berdaya selain mobil warna hitam yang disediakan oleh pabrik
Pada saat datangnya era informasi, dimana tulang punggung utamanya adalah teknologi informasi, maka tugas marketing tidak lagi semudah masa- masa sebelumnya. Konsumen telah banyak mendapat informasi dan dapat membandingkan nilai yang ditawarkan oleh produk- produk sejenis. Hal ini yang kemudian mendesak para marketer untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi dan selanjutnya merubahnya menjadi peluangn yang menguntungkan. Inilah yang disebut dengan Marketing 2.0 atau The Customer Centric Era
Bagaimanapun juga, saat ini hampir semua perusahaan mengaku telah berorientasi  pelanggan, maka strategi yang ada mungkin sudah tidak efektif lagi. Tidak lama lagi, kita semua akan menjadi saksi munculnya  Marketing 3.0 atau The Human Centric Era dimana konsumen akan dilayani sebagai layaknya manusia yang aktif, selalu ingin tahu dan kreatif. Mereka mengharap agar dapat lebih berpartisipasi dalam dalam menciptakan nilai. Yang mereka butuhkan adalah pemenuhan kebutuhan tentang rasa ingin tahu dan keinginan yang lebih jauh dari sekedar keinginan dan kebutuhan dasar. Konsumen  ingin karya- karya kreatif mereka dihargai
Values Driven Marketing
Values Driven Marketing adalah model yang digunakan pada Marketing 3.0, dimana nilai- nilai penting dalam kehidupan manusia melekat menjadi satu dengan misi dan visi perusahaan. Untuk mempertegas, maka dapat kita bandingkan dengan era Marketing 1.0, dimana model yg digunakan adalah Product Driven sedangkan pada era Marketing 2.0, model yang dirujuk adalah Customer Driven Marketing. Dengan definisi seperti ini, maka yang disasar pada Marketing 3.0 adalah bagaimana memenangkan Pikiran (Mind), Hati (Heart) dan Jiwa (Spirit) pelanggan. Dalam misi perusahaan, dapat digambarkan bahwa apa yang ingin diberikan adalah KEPUASAN,  perwujudan ASPIRASI dan  kebutuhan rasa PEDULI bagi sesame
Sepuluh Credos (Kepercayaan) Values Driven Marketing 3.0
Credo #1: Love Your Customers, Respect Your Competitors
Credo #2: Be Sensitive To Change, Be Ready To Transform
Credo #3: Guard Your Name, Be Clear Of Who You Are
Credo #4: Customers are Diverse, Go First To Those Who Really Need You
Credo #5: Always Offer A Good Package At A Fair Price
Credo #6: Always Make Yourself Available, Spread The Good News
Credo #7: Get Your Customers, Keep Them, And Grow Them
Credo #8: Whatever Your Business, It Is A Service Business
Credo #9: Always Refine Your Business Process, In Terms Of Quality, Cost And Delivery
Credo #10: Gather Relevant Information, But Use Wisdom In Making Your Final Decision

Tidak ada komentar: