Sabtu, 13 Agustus 2011

Pemimpin Hebat Adalah Yang Melayani



Apa Maksudnya ?
Sepertinya ada yang salah dengan judul di atas, apa hubungannya antara pemimpin yang hebat dengan melayani ? Bukannya selama ini, seorang pemimpin biasanya malah seharusnya dilayani ? Kenapa malah harus melayani ?

Susahkah Melayani ?
          Apa susahnya melayani ? Ternyata bagi seorang pemimpin, definisi melayani bisa bermacam- macam. Seorang pemimpin yang telah melaksanakan tugas sehari- harinya dengan baik, dia sudah merasa melayani. Ada juga seorang pemimpin yang rajin masuk dan pulang kantor tepat waktu, sudah merasa melayani.Ada lagi seorang pemimpin yang rajin membaca buku, mengikuti seminar ini seminar itu, pelatihan ini pelatihan itu, yang bersangkutan sudah merasa malayani. Ada juga yang rajin memberikan hadiah, bisa berupa pujian, penghargaan, kenaikan pangkat sampai berupa hadian uang, sudah merasa melayanai dengan maksimal. Masih banyak lagi perilaku pemimpin yang menyiratkan seolah seorang pemimpin sudah melaksanakan tugas melayani.  Adakah yang salah ?  

Melayani Yang Bagaimanakah Yang Melayani ?
          Selanjutnya, melayani yang bagaimanakah yang benar- benar melayani ? Ternyata yang dimaksud sudah melakukan tugas melayani adalah seorang Pemimpin yang telah melakukan SERVE, yang merupakan kepanjangan dari :
  • See The Future 
  • Engage and Develop Others
  • Reinvent Continuously 
  • Value Result and Relationships
  • Embody  The Values
See The Future
Seorang pemimpin yang hebat adalah seorang pemimpin yang tidak hanya mampu mengerjakan pekerjaan rutinnya sehari- hari, tetapi seorang pemimpin yang juga mampu melihat ke depan. Bagaimana kondisi unit organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya satu tahun ke depan, dua tahun ke depan, lima tahun ke depan atau bahkan sepuluh atau dua puluh tahun ke depan. Ini sering disebut dengan Visi, yaitu gambaran tentang sukses di masa depan yang selanjutnya ditetapkan sebagai visi perusahaan.  Dari visi perusahaan inilah seluruh kegiatan perusahaan diarahkan dan digerakkan secara serentak. Seorang pemimpin yang mampu melihat ke depan dengan baik atau dengan kata lain mempunyai visi yang jelas tentang unit organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya, maka dapat dipastikan dia juga akan mampu menyusun rencana tindak dan program kerja timnya dengan baik juga

Engage and Develop Others
Engage and develop others atau melibatkan dan mengembangkan orang lain. Untuk mencapai tujuan perusahaan ke depan, tidak bisa tidak seorang pemimpin yang hebat akan selalu melibatkan dan mengembangkan  anggotanya kedalam seluruh kegiatan. Melibatkan dapat diartikan sebagai mengikutsertakan dan membagi seluruh pekerjaan dengan baik dan merata bagi semua anggota. Tidak ada pilih kasih dan tebang pilih didalam penugasan kepada anggotanya. Tampaknya hal ini mudah dilakukan, tetapi dalam kenyataan di lapangan, bisa jadi menjadi sesuatu yang pelik dan rumit seandainya uraian pekerjaan di unit tersebut tidak jelas atau memang belum ada. Atau bisa juga kemampuan dan keterampilan anggota yang tidak merata. Maka disinilah seorang pemimpin yang hebat ditantang untuk memperjelas semuanya dan bersedia memberikan kesempatan kepada seluruh anggota untuk dapat berkembang baik itu melalui pelatihan ataupun melibatkannya di dalam proyek- proyek yang ada 
Dengan membuka kesempatan seluas- luasnya bagi setiap anggota unit organisasi untuk dapat berpartisipasi  dan berkontribusi bagi unitnya, maka secara otomatis akan terbentuk tim yg kompak dengan semangat yang tinggi untuk mencapai tujuan organisasi
Reinvent Continuously
Reinvent continuously atau temukan kembali secara terus menerus. Yang dimaksud disini adalah seorang pemimpin yang  hebat,  pada tingkat pribadi, mereka secara terus menerus  selalu berupaya untuk  meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya. Umumnya mereka senang membaca dan bersikap terbuka terhadap kritik, saran dan masukan walaupun itu datang dari seorang bawahan sekalipun. Seorang pemimpin yang hebat harus dapat menjadi model untuk terus belajar bagi anggotanya. Begitu seorang pemimpin berhenti untuk belajar, maka sebenarnya dia juga berhenti sebagai seorang pemimpin
Pada tingkat organisasi atau perusahaan, seorang pemimpin yang hebat selalu memberi semangat dan inspirasi baru bagi seluruh anggotanya, sehingga semangat untuk terus mencari hal- hal baru dan terobosan- terobosan baru untuk perbaikan bagi perusahaan akan terus berkembang dan berkobar di hati para karyawannya
Value Results and Relationships
  Value results and relationships atau menghargai hasil dan hubungan yang baik. Seorang pemimpin yang hebat dituntut mampu memaksimalkan hasil dan terjaganya hubungan yang baik antar anggota secara bersamaan dan harmonis. Tentu ini sama sekali bukan sesuatu yang mudah. Diperlukan keterampilan yang khusus dan kejelian yang tinggi didalam memperhatikan dan mengamati unit organisasi yang dipimpinnya. Kadang seorang pemimpin perlu mengenal lebih baik siapa anggotanya dan bahkan bagaimana keluarga dan suasana hati anggotanya. Yang bukan tidak mungkin kondisi tersebut dapat mempengaruhi semangat dan kualitas kinerja seorang karyawan
Tentunya banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin yang hebat. Mulai dari rapat- rapat kantor yang bersifat formal sampai dengan tata cara berkomunikasi dan pertemuan- pertemuan keluarga karyawan yang sangat jauh dari formalitas kantor sehari- hari. Melalui cara- cara pendekatan tersebut, seorang pemimpin dapat menyampaikan program- program dan target- target yang diinginkan perusahaan dan apa yang seharusnya dilakukan oleh karyawan tanpa mengurangi hubungan baik antar sesama anggota dan antar anggota dengan para pimpinannya
Embody The Values
          Embody the value atau wujudkan nilai- nilai. Nilai- nilai yang dimaksud di sini adalah nilai- nilai yang dimiliki dan diyakini oleh organisasi tersebut sesuai visi dan tujuan perusahaan. Biasanya nilai- nilai setiap organisasi bersifat unik dan tidak selalu sama untuk setiap perusahaan. Misalkan, untuk perusahaan outsourcing yang menjalankan bisnisnya atas kepercayaan orang lain, maka nilai- nilai utama yang harus dijaga dan dijunjung tinggi adalah kepercayaan atau kejujuran. Seorang pemimpin yang hebat di perusahaan jasa seperti ini harus mampu mendemonstrasikan kepada anggotanya bahwa dia konsisten dengan nilai- nilai yang dianut tersebut. Jangan sekali- kali dia berlaku sebaliknya, misalnya tidak terbuka, tidak rata dalam pembagian tugas dan pilih- pilih dalam memberikan perhatian. Apabila kondisi tersebut terjadi, maka tamatlah kisah kepemimpinan yang bersangkutan di mata anggotanya. Seorang pemimpin yang tidak mampu mewujudkan nilai- nilai perusahaan, maka jelas dia bukan seorang pemimpin yang hebat

Jadi Bagaimanakah Seorang Pemimpin Hebat Yang Melayani ?
          Yaitu seorang yang mampu melakukan SERVE, See the future, Engage and Develop others, Re-invent Continuously, Value results and relationships dan Embody the values. Dengan kata lain, seorang pemimpin yang hebat bukanlah orang yang melayani tapi sebenarnya dia sedang melayani untuk dirinya sendiri, tetapi peimpin yang hebat adalah yang melayani anggota dan seluruh karyawannya dengan cara melibatkan mereka dan mengembangkan mereka agar mereka menjadi lebih mampu dan pada  saatnya, anggota yang dipimpinnya dapat berkarya dan berkontribusi lebih besar lagi bagi organisasi dan perusahaan

Perlu untuk dicamkan:

"Apakah saya seorang pemimpin yang melayani atau pemimpin yang melayani diri sendiri ?" 

Oleh : Heru Basuki Purwanto. Bandung, 4 April 2011
Disarikan dari buku : "The Secret. What Great Leaders Know and Do". Ken Blanchard, Mark Miller. 2009

Tidak ada komentar: